Anggaran Minim, Panwaslu Ngotot Lantik 57 Panwascam



TULUNGAGUNG – Meski sempat tertunda beberapa saat akibat keterbatasan anggaran, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung akhirnya melantik 57 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), di Graha Palem, Jalan Stadion Lama, Ketanon Tulungagung, Rabu (18/02).

Pelantikan terhadap anggota panwas di 19 kecamatan itu, dilakukan secara simbolis oleh Ketua Panwaslu Tulungagung Mukti Ali, S.Ag, setelah diambil sumpahnya. Turut disaksikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung Maksun Tohir, Kasi Ops Satpol PP Tulungagung Sunarto, serta sejumlah utusan Muspida dan kepolisian sektor Tulungagung.

Mukti Ali usai prosesi pelantikan mengatakan, target pelantikan sebelumnya diharapkan kelar pada minggu ke-lima bulan Januari. Namun, akibat tak ada dana anggaran teknis di tubuh lembaga pengawas pemilu itu, jadinya pelantikan ditunda beberapa saat. “Memang benar tak ada dana. Wahh, ini bukannya lagi dikatakan minim,” jelas Ali.

Lanjut Ali, imbasnya pelantikan hanya dilakukan secara sederhada. Karena hanya melantik pengawas pemilu ditingkat kecamatan, hanya beberapa pejabat yang diundang. Tak nampak pula orang nomor satu di Kabupaten Tulungagung, Ir. Heru Tjahjono, MM.

Soal anggaran, selama ini Panwaslu hanya menggantungkan dari dana talangan sekretariatan. Ketika ditanya berapa jumlahnya, Ali tak mau menyebut secara jelas. Hanya saja, pendanaan teknis kegiatan Panwaslu tahun ini tak diakomodir dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tulungagung, akibat minimnya nilai besaran anggaran.

Budiono, salah satu anggota Panwascam Pagerwojo Tulungagung menyebutkan, dirinya mengaku bersyukur setelah secara resmi dilantik Panwaslu, meski pelantikan yang sempat menggantungkan statusnya itu tertunda beberapa saat.

“Alhamdulillah. Saya bersyukur setelah dilantik sebagai panwascam Pagerwojo,”katanya singkat.

Bersama dua anggota Panwascam Pagerwojo, Suwarni dan Solekan, ia menyebutkan situasi persaingan antar calon legislatif (caleg) di kecamatan paling barat di Tuungagung itu tak sepanas seperti yang terjadi di Kecamatan kota.”Karena kita telah dilantik, saya akan bekerja dengan sebaik-baiknya. Tadi juga diberikan pembekalan, terkait masalah perUndang-Undangan Pemilu,” tambahnya.n.ryn

Komentar

Postingan Populer