Temukan Hati Kambing Bercacing

TULUNGAGUNG – Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, menemukan hati kambing bercacing dalam inspeksi mendadak (sidak) di Masjid Al Munawwar Tulungagung, Senin (08/12). Selain itu, satu paru paru sapi yang terindikasi peradangan, juga disita untuk dimusnahkan.

Penarikan organ dalam hewan qurban yang belum lama disembelih di pemotongan hewan qurban Masjid Al Munawwar, dikatakan doketr hewan Dinas Peternakan Tulungagung drh. Nugroho, karena tak layak konsumsi. Selain berpenyakit, hati bercacing juga bersifat membahayakan.

Saat pemeriksaan, petugas mendapat kondisi hari kambing sedikit berbeda dari biasanya. Warnanya cenderung pucat, dan ketika dibelah hati kambing dipenuhi cacing dan mengeluarkan darah. “Yang jelas, kita akan musnahkan. Hati bercacing akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi,” terang Nugroho.

Selain itu, penyitaan juga dilakukan pada satu dari empat paru paru sapi yang terinfeksi peradangan. Kondisi paru sapi bergelembung, dan berwarna sedikit pucat.

Sementara H. Yusron, bagian penyembelihan hewan qurban Masjid Al Munawwar mengaku kaget ketika dua hewan qurbannya terinfeksi penyakit.” Dari luar saja sehat, jadi kita tak tahu kalau ada hari kambing yang bercacing. Karena membahayakan, bagus saja petugas menyita,” ujarnya.

Penemuan ini, kata Yusron, merupakan kali pertama dalam sepanjang peringatan Idul Adha di Masjid Agung yang berlokasi di Jalan R.A Kartini itu. Meski begitu, sidak yang dilakukan petugas Dinas Peternakan, dikatakan agenda rutinan dalam setiap tahunnya.

Dilain pihak, penemuan hati bercacing sempat membuat kekhawatiran bagi sejumlah penerima daging qurban. Salah satunya Mujiyanto, pria asal Desa Beji Kecamatan Boyolangu Tulungagung. “Waduh, kita tidak kepikiran sampai disitu. Kita butuhnya diparingi saja,” katanya.

Bila perlu, kebijakan Keswan Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung untuk melakukan pemeriksaan secara antemorferm (sebelum disembelih) dan posmorferm (sesudah disembelih), dapat dilakukan tiap tahunnya dan diberbagai wilayah.n.ryn

Komentar

Postingan Populer