Polres Mantapkan Pengamanan Pileg 2009

Lokasi Rawan, Butuh Pengamanan Ekstra

TULUNGAGUNG – Tim pengamanan Kepolisian Resor (Polres) Tulungagung, mulai meningkatkan status siap siaga dalam pengamanan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009. Ini setelah Kapolres Tulungagung AKBP Rudi Kristantyo, memantapkan pasukannnya dalam apel gelar pasukan pengamanan Pileg 2009, di Lapangan Wiramandala Tulungagung, Rabu (11/03).

Bersama wakil Bupati Kabupaten Tulungagung M. Athiyah, mantan Kapolres Situbondo itu langsung mengecek kesiapan personilnya, setelah usai pembacaan pidato petunjuk dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sekitar 10 pleton barisan, mulai dari kepolisian, TNI, DLLAJ, Satpol PP serta pembantu keamanan seperti tim PMK, dan Hansip, dinyatakan siap menjalani rentetan pengamanan Pileg, 9 April mendatang.

“Hari ini, kita menggelar apel pasukan Pemilu. Dilihat dari kondisi pasukan, kita telah siap,” jelas Rudi.

Lanjut Rudi, dalam pengamanan Pileg nantinya, jumlah personil yang diturunkan dari keseluruhan fungsi, mencapai 650 personil. Sebanyak 2/3 pasukan di turunkan ke lapangan, sementara 1/3 personil ditetapkan melanjutkan aktifitas pelayanan kepolisian. “Meski begitu, petugas pelayanan harus jalan terus,” ujarnya.

Tambah Rudi, dalam pengamanan Pileg nantinya, Polres tak melibatkan Densus 88. Karena Kabupaten Tulungagung hanya beresiko kecil terjadinya gejolak, tim pengamanan hanya dilibatkan dari internal kepolisian di Tulungagung. Sementara soal daerah rawan bencana, seperti kawasan pinggiran Pagerwojo, Kalidawir dan Pucanglaban dalam peyaluran logistik, tim pengamanan diturunkan dalam pengamanan berlapis.

Usai gelar pasukan atau sekitar pukul 13.00, Polres Tulungagung juga meggelar simulasi penanganan kerusuhan Pileg 2009, yang mengambil tempat di jalan R.A Kartini, atau depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tulungagung. Dalam kegiatan ini, tim pengamanan menunjukkan cara pengendalian aksi huru hara, yang terjadi akibat sikap tak terima terhadap hasil pelaksanaan Pemilu beberapa oknum. Kegiatan ini sempat menjadi perhatian di masyrakat, mengingat simulasi gladi bersih juga dilanjutkan hingga di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, Jalan Abdul Fattah, Tulungagung.n.ryn

Komentar

Postingan Populer