Sedapnya Bebek Saus Telur Asin Pak JOSS Surabaya




Selain Surabaya, Bebek JOSS juga Buka cabang di Bandung

Bisnis kuliner memang tidak ada habisnya. Satu lagi makanan berbahan dasar bebek diolah menjadi bebek yang punya cita rasa tinggi. Bebek saus telur asin. Bebek saus telur asin ini hasil kreasi Sigit Hendrawan (40) warga Surabaya, yang sudah dirintis sejak tahun  2011 lalu.
Dengan mengenalkan produknya bebek telur asin, Hendrawan yang akrab dipanggil Hendy ini mengusung label Bebek Pak JOSS. JOSS bagian dari singkatan Jadilah Orang Sukses Selalu. Keluar dari status karyawan di perusahaan sparepart, Hendy menemukan resep bebek saus telur asin dari coba-coba. Bahkan, diawal menjalankan bisnisnya, Hendy mengenalkan dengan cara yang sangat sederhana. Dari gerobak dan berkeliling ke kampung dan perumahan.
“Kita tidak beli franchise karena Kita tahu bebek ini kuliner yang sudah familiar dan asli Surabaya. Jadi kita buat sendiri dan jadilah Bebek Pak JOSS,” jelas Nur Endah, istri dari Hendy.
Bebek Pak JOSS menawarkan bebek goreng atau panggang yang disiram dengan saus telur asin, sambal tomat dan sambal ijo serta lalapan. Saus telur asin dibuat dari kuning telur bebek, dan diolah menjadi saus yang disiramkan diatas bebek. Dengan aroma yang khas dan rasa yang nikmat, tidak heran konsumennya terus kembali dan bisnisnya berkembang sampai sekaranag. Omsetnya juga terus naik dalam setiap bulannya.  Perhari, butuh setidaknya 125 ekor bebek ukuran sedang untuk memenuhi permintaan konsumen di Surabaya.
Diawal usahanya, Nur mengaku bisnis nya dijalankan dengan cara membangun tempat usaha di kawasan Mulyosari, lalu pindah ke Ngagel dan via on line. Seperti media sosial instagram, facebook @bebektelorasinpakjoss, twitter @bebek_telorasin dan path yang sekarang sudah jadi andalannya dari segi marketing.
Selain itu, worth of mouth atau dari mulut ke mulut sangat efektif membuat bebek olahannya semakin dikenal ke publik. Target konsumennya dalam skala middle up atau menengah keatas. Selain itu kalangan mahasiswa/mahasiswi juga banyak yang menjadi pelanggannya. Seiring waktu berjalan, rekan bisnisnya tertarik dan akhirnya membangun 2 unit gerai di Bandung Jawa Barat. Tidak lama kemudian, cabang di Dharmahusada dan terakhir di Tenggilis Timur gang 4.
Endah, mengaku terpaksa keluar dari posisi nyamannya di perusahannya sebagai karyawan, karena Hendy waktu itu membutuhkan dukungan penuh dari sang istri. Endah sekarang mengoperasikan usahanya di Tenggilis, sementara Hendy mengontrol 3 lokasi, Di Bandung, dan Dharmahusada.
Untuk menjaga kualitas dan rasa, bebek pak JOSS memakai ukuran 1 kilogram untuk 1 ekor bebek utuh. Dari hasil ujicoba selama ini, bebek muda atau terlalu tua punya kekurangan. Pernah pula daging bebek diolah dan justru menyusut, sehingga ukurannya tidak sesuai standar dan mendapat komplain dari pelanggannya.
Dalam bisnis kuliner bebek, Bebek Pak  JOSS masih punya prospek cerah. Apalag

i untuk olahan jenis ini masih pertama di Surabaya. Dengan harga 18 ribu untuk ukuran ¼ ekor, harga masih cukup terjangkau untuk konsumennya. Bahan baku bebek masih mencukupi. Hanya disisi kelemahannya, Endah lebih fokus dalam urusan meninggatkan ilmu manajemen dalam usaha. Bisnis ini juga masih butuh inovasi yang lebih kreatif, mengenalkan produk baru seperti bebek keju mozarella, selain bebek betutu, bebek peking atau bebek panggang yang sudah ada di daftar menu usahanya.and

Komentar

Postingan Populer